Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG

blog asli anak Lahat

Ananda

Ananda
Ultah 3

Senin, 27 April 2009

Kunci-kunci Surga


Sudahkah Anda yakin dan percaya bahwa kebaikan budi pekerti adalah kunci pintu-pintu surga?

Sekarang, simaklah kata-kata Nabi SAW. sewaktu menjawab pertanyaan seorang sahabat mengenai hal-hal yang paling banyak memasukkan orang ke surga.
Diriwayatkan oleh Tarmidzi dengan status shahih dari Abu Hurairah r.a. tuturnya, Rasulullah SAW. pernah ditanya, “Apa yang bisa memasukkan orang ke surga?” Beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan kebaikan budi pekerti.”
Beliau ditanya lagi, “Apa yang paling banyak merosokkan orang ke neraka?” Beliau menjawab “Mulut dan Kelamin” maksudnya ulah usil mulut dan zina.
Terlebih lagi, konon, pintu-pintu surga yang memilih dan mencari penghuninya sesuai dengan tingkat keluhuran akhlak masing-masing. Semakin tinggi akhlak sesorang, akan semakin tigngi pula surga yang akan ditempatinya.
Diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Abu Umamah, tuturnya, “Rasulullah SAW. bersabda, “Aku adalah pemimpin rumah dipinggiran surga bagi orang yang tidak mau bertengkar mulut meskipun ia benar, pemimpin rumah di bagian tengah surga bagi orang yang tidak mau berdusta meskipun hanya bercanda, dan pemimpin rumah di bagian atas surga bagi orang yang baik budi pekertinya.”
Berdasarkan keterangan tersebut, Rasulullah SAW. menjadikan surga tertinggi sebagai imbalan bagi kalangan elit pemilik bnudi pekerti, surga menengah untuk kalangan menengah yang meninggalkan kebiasaan dusta, sedangkan surga terbawah diperuntukan bagi kalangan bawah yang meninggalkan debat dan perang mulut meskipun ia pada posisi benar. Tidak diragukan, kebaikan budi tentu saja meliputi semua ini

0 komentar: